Wednesday, February 22, 2017

Pengertian Prestasi Belajar beserta Sumber atau refrensinya



Assalaamu'alaykum,, Selamat datang di pembahasan kita kali ini di Belajar Online Belajar Kreatif dalam menuntut ilmu,, kali ini belajar online akan membahas tentang apakah yang dimaksud dengan pengertian belajar atau pengertian dari Prestasi belajar beserta sumber-sumber dan refrensinya, ok langsung saja kita kepembahasannya, Lets Gooo !!!

Prestasi belajar adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata, “prestasi” dan “belajar”. Antara kata “prestasi” dan “belajar” mempunyai arti yang berbeda.
Djamarah (1994:19) mengemukakan bahwa “prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun kelompok.”
    
 Menurut Sunartana dkk (1985:10)”Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku berupa penambahan pengetahuan ,kemahiran,keterampilan,sikap dan kebiasaan-kebiasaan dari individu-individu yang belajar sebagai hasil mengadakan intraksi dengan lingkungan”.
Menurut WJS Poerwadarminta (Djamarah 1994:20) berpendapat, bahwa “prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya)”.


Hal senada dikemukakan oleh Sardiman AM (Djamarah1994:21) bahwa “belajar sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga ,psikofisik menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya,yang menyangkut  unsur cipta,rasa karsa ,ranah kognitif,afektif dan psikomotorik”.

Agus Suprijono (2009:2) mengutip beberapa pendapat para ahli mengenai belajar diantaranya: “(Gagne) belajar adalah perubahan disposisi atau kemampuan yang dicapai seseorang melalui aktivitas. (Travers) belajar adalah proses menghasilkan penyesuaian tingkah laku. (Crombach) belajar adalah perubahan prilaku sebagai hasil dari pengalaman. (Geoch) belajar adalah perubahan performan sebagai akibat hasil latihan. (Morgan) belajar merupakan perubahan penilain yang bersifat permanen sebagai hasil dari pengalaman. Prestasi merupakan pencapaian dari sebuah usaha”.

Ngalim purwanto (1990:84) menjelaskan pengertian belajar “ belajar merupakan perubahan tingkah laku” selain itu juga Ngalim Purwanto mangutip beberapa pendapat para ahli diantaranya: (Hilgerd dan Bower dalam bukunya Theory of learning 1975)”...belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang yang disebabkan oleh pengalamannya. (Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977)”Belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus yang membuat perubahan perbuatan dari waktu kewaktu. (Morgan dalam bukunya Introduction to Psychology 1978) Belajar merupakan perubahan yang relatif menetap dan tingkah laku sebagai hasil latihan dan pengalaman. (Whitherington dalam buku Educational Psychology)” Belajar adalah perubahan didalam keperibadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru pada reaksi berupa kecakapan, sikap,kebiasaan…….”

Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan prestasi belajar merupakan adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun kelompok yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan apa yang diinginkan sehingga terjadinya penambahan pengetahuan, kemahiran, keterampilan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan dari masing-masing individu yang belajar melalui aktivitas, pengalaman, tingkah laku dan hasil latihan.

Sekian dulu pada pembahasan kali ini tentang Pengertian Prestasi Belajar beserta Sumber-sumbernya, mudah-mudahan bermanfaat, Aamiinn

0 comments:

Post a Comment